21105031
Blog Universitas Komputer Indonesia

4 Manfaat Menerapkan Program Mindfulness pada Sekolah Internasional di Jakarta

4 Manfaat Menerapkan Program Mindfulness pada Sekolah Internasional di Jakarta
Mindfulness merupakan salah satu aspek yang dilakukan pada latihan yoga. Namun ternyata pendekatan ini diaplikasikan dalam lingkungan pendidikan sebagai program untuk kegiatan belajar mengajar. Salah satu international school jakarta yaitu Global Sevilla telah membuktikan jika program mindfulness cukup efektif dan memberikan manfaat bagi para murid. Simak di sini!
 
school ilustration
 
Manfaat Penerapan Program Mindfulness Bagi Para Siswa di Global Sevilla
 
1. Mengurangi Rasa Cemas dan Stres
Stres dan kecemasan adalah beberapa alasan mengapa siswa tidak dapat fokus ketika belajar kelas. Karena alasan itu, Global Sevilla berusaha untuk memantau kondisi mental seluruh siswa agar memberikan semangat untuk belajar. Tidak hanya memantau saja, tetapi juga menjaga pikiran positif dalam tubuh peserta didik agar tidak mengganggu prestasi akademiknya.
 
Diyakini bahwa pendekatan ini akan membantu siswa dalam mengelola stres dan kecemasan ketika di kelas. Dalam penerapannya, peran guru juga menjadi salah satu yang paling berpengaruh agar program menjadi lebih efektif. Guru harus tahu bagaimana membina dan memimpin pelaksanaannya agar mendapat hasil yang maksimal.
 
Dengan peran guru yang cukup krusial, maka siswa akan lebih santai di dalam kelas. Misalnya saja dengan Istirahat sebentar dan saat tenang akan menjadi cara yang bagus untuk menenangkan diri. Hal inilah yang menjadikan peserta didik pada sekolah internasional di Jakarta dapat mencapai efek yang lebih baik di masa depan.
 
2. Perilaku dan Keterampilan Sosial yang Lebih Baik
Dengan mengurangi stres dan kecemasan, maka akan berdampak positif pada perilaku dan keterampilan sosial siswa. Global Sevilla membuktikan bahwa pendekatan tersebut dapat membantu siswa menjadi orang yang berpendidikan tinggi dengan karakteristik positif. Dengan demikian, tidak akan ada gangguan yang tidak terselesaikan di sekolah.
 
3. Nilai Lebih Baik
Penerapan mindfulness juga dapat meningkatkan kinerja kognitif para peserta didik. Meskipun baik untuk mengusir stres, tetapi pikiran yang seimbang juga akan mempengaruhi kinerja siswa. Dengan demikian, anda dapat mengharapkan hasil akademik yang lebih baik dalam bentuk nilai dan prestasi yang cemerlang karena sikap positif.
 
4. Pengambilan Perspektif dan Empati yang Lebih Besar
Global Sevilla memberikan dampak positif bagi para siswanya a bahwa pendekatan mindfulness akan membantu peserta didik dalam hal menemukan jati diri mereka. Hal inilah yang bisa membuat  mereka bisa lebih terbuka, berbicara dengan orang lain, mengurangi gejala pasca trauma, dan akhirnya memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik ketika belajar di sekolah internasional di Jakarta.
 
Mindfulness memang cukup efektif diterapkan untuk membentuk karakteristik para siswa di Global Sevilla. Seperti namanya, pendekatan ini bertujuan untuk membantu pikiran siswa lebih fokus. Artinya metode ini cukup ampuh untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini juga untuk menyeimbangkan beberapa aspek yaitu mental, perilaku, dan kemampuan kognitif siswa.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 14 Desember 21 - 08:32 WIB
Dalam Kategori : SEKOLAH
Dibaca sebanyak : 84 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback